MANAJEMEN DAN MANAJER
A. Manajemen
Dalam melaksanakan kegiatan produksi diperlukan
manajemen yang berguna untukmenerapkan keputusan-keputusan dalam upaya mengatur
dan mengkoordinasikanpenggunaan sumber-sumber daya dalam proses produksi
untuk mencapai tujuan organisai. Pengertian manajemen menurut James AF
Stoner, Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, danpengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan
sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi
yang telah ditetapkan.”
Dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu
proses bekerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya
secara efektif dan efisien dengan menggunakan orang-orang melalui fungsi
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dengan memanfaatkan
sumber daya-sumber daya yang tersedia.
Ada
tiga alasan utama mengapa manajemen diperlukan :
1. Untuk
mencapai tujuan.
2. Untuk
menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
3. Untuk
mencapai efisiensi dan efektivitas kerja organisasi.
Menurut ahli manajemen Peter
Drucker Efektivitas adalah melakukan pekerjaan yang benar (doing the right
things), sedang Efisiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar (doingthings
right).
Ada
4 Topik penting untuk memahami pengertian manajemen
1. Manajemen
sebagai ilmu dan seni
2. Manajemen
sebagai profesi
3. Pengertian-pengertian
yang berbeda dengan istilah manajemen
4. Aplikasi-aplikasi
yang berbeda dari istilah Manajemen
B. Manajer
Secara umum “manajer” berarti
setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumber daya-sumber
daya organisasi lainnya. Manajer dapat diklasifikasi dengan dua cara : menurut
tingkatan mereka dalam organisasi (rendah, menengah dan tinggi) dan
kegiatan-kegiatan organisasi untuk mana mereka bertanggung jawab (manajer umum
dan fungsional).
1. Tingkatan
Manajemen
a. Manajemen
lini - pertama (lower management), merupakan tingkatan paling rendah dalam
suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional.
b. Manajemen
Menengah (middle management) manajer menengah membawahi dan mengarahkan
kegiatan-kegiatan para manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan
operasional.
c. Manajer
Puncak (top management), manajemen puncak bertanggung jawab atas keseluruhan
manajemen organisasi.
2.
Manajer – manajer fungsional dan umum
Manajer
fungsional mempunyai tanggung jawab hanya atas satu kegiatan organisasi,
seperti produksi, pemasaran, keuangan, kepegawaian, atau akuntansi. Manajer
umum mengatur, mengawasi dan bertanggung jawab atas satuan kerja keseluruhan
atau divisi operasi yang mencangkup semua atau beberapa kegiatan fungsional
satuan kerja.
3.
Fungsi-fungsi yang dilaksanakan manajer
a. Perencanaan
(planning) adalah pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi dan
penentuan strategi, kebijakasanaan, proyek, program, prosedur, metode, sistem, anggaran
dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan serta pembuatan keputusan.
b. Pengorganisasian
(organizing) adalah penentuan sumber daya-sumber daya dan kegiatan-kegiatan
yang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi. Penyusun personalia
(Staffing) adalah penarikan (recrutment), latihan dan pengembangan serta
pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yang menguntungkan dan
produktif.
c. Pengarahan
(leading), fungsi leading adalah untuk membuat atau mendapatkan karyawan
melakukan apa yang diinginkan dan harus dilakukan.
d. Pengawasan
(controlling), adalah penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa
rencana telah dilaksanakan sesuai yang telah ditetapkan baik postif maupun
negatif.
4. Kegiatan-kegiatan
manajer
a) Pendekatan
kegiatan (activities approach).
b) Apa
yang dilakukan manajer
Berikut beberapa hal penting
tugas-tugas manajer :
1)
Manajer bekerja dengan melalui orang
lain.
2)
Manajer memadukan dan menyeimbangkan
tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas.
3)
Manajer bertanggungjawab dan
mempertanggungjawabkan.
4)
Manajer harus berpikir secara analitis
dan konsepsual.
5)
Manajer adalah seorang moderator.
6)
Manajer adalah seorang politisi.
7)
Manajer adalah seorang diplomat.
8)
Manajer mengambil keputusan-keputusan
sulit.
c) Kegiatan-kegiatan
yang dilakukan manajer.
1) Kegiatan
Pribadi.
2) Kegiatan
Teknis.
3) Kegiatan
administratif.
4) Kegitana
Interaksional.
d) Peranan-peranan
manajer
Menurut
Henry Mintzberg ada tiga bidang peranan manajer yang diambil dari
perilaku-perilaku manajer sebagai berikut :
1) Peranan
antar pribadi terdiri dari : Pemuka simbolis, Pemimpin, Perantara.
2) Peranan
Informasional terdiri dari : Monitoring aliran informasi, Penerus Infromasi,
Perwakilan.
3) Peranan
pembuat keputusan terdiri dari : Wiraswasta, Penangkal kesulitan, Pengalokasian
sumberdaya, dan Negosiator.
e) Ketrampilan-ketrampilan
manajerial
1) Ketrampilan
konsepsual (Conceptual skills).
2) Ketrampilan
kemanusaiaan (human skills).
3) Ketrampilan
adminstrasif (administrative skills).
4) Ketrampilan
teknik (technical skills).
0 comments:
Post a Comment